Royalty Free Stock Images

Rabu, 16 Juli 2014

Belajar gitar part1

     Bermain gitar untuk sebagian orang adalah hal yang paling mengasyikkan,bahkan ada beberapa di antara mereka yang berambisi menjadi seorang gitaris,dan itu normal :D.Setiap orang pasti memiliki hobi dan ingin menekuninya hingga dia bisa menjadi seorang yang ahli.
     Ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum kita benar-benar memutuskan untuk menjadi seorang gitaris,karena haruslah seorang yang tekun dan berkemauan keras.karena bermain gitar memerlukan latihan yang rutin dan berkelanjutan serta disiplin yang tinggi,setidaknya anda harus menyediakan waktu minimal 20 menit/hari untuk berlatih,dan ini sangat mempengaruhi permainan anda.mungkin anda telah menguasai seluruh materi dalam bermain gitar,tapi tanpa latihan anda tidak akan bisa memainkannya dengan baik.
      Sebelum anda mempelajari gitar ada beberapa bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu yaitu:

  1. gitar.
  2. pick/klipper/klaber
      Untuk bisa bermain gitar hal yang pertama harus anda miliki adalah gitar sendiri,karena anda membutuhkan latihan yang intensif,kalau anda memutuskan untuk meminjam pada teman anda.mungkin anda memerlukan beberpa teman,karena anda harus latihan setiap hari,dan ane rasa gk ada teman yang meminjamkan gitarnya tiap hari selama beberapa bulan :D,so..,belilah gitar,atau mulailah menabung untuk membelinya.dan lagi latihan anda dengan gitar yang sama akan membuat anda lebih cepat menguasainya.
      Pick,atau klipper,atau klaber,atau apapun istilahnya di daerah anda adalah hal yag sama pentingnya seperti gitar,karena ini akan sangat berpengaruh pada speed dan kualitas suara yang di hasilkan.jadi gunakanlah pick..
    langsung aja sob.

      Hal pertama yang harus anda lakukan adalah senam jari,ini berfungsi untuk melatih posisi jari,selain itu juga secara otomatis anda akan mengghafal perpindahan nada,dan kualitas suara,ini akan mempengaruhi kepekaan anda terhadap nada,dan saya berharap anda tidak melewatkan latihan ini,karena kelenturan jari anda di latih disini.
       Senam jari ini sengaja saya bikin jadi beberapa Part,sehingga anda bisa mempelajarinya dengan secara berkala dan bertahap,saya ingatkan sekali lagi,jangan melewatkan latihan anda,atau naik ke level selanjutnya sebelum anda benar-benar memahaminya.
        Adapun senam jari pertama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

senam jari 1

        Gambar di atas merupakan rumus senam jari kita.caranya adalah sebagai berikut:
  • Tekan senar nomer enam dengan jari telunjuk,lalu petik kebawah menggunakan pick (wajib pakai pck).usahakan suara yang keluar bulat dan bening,kalau terjadi deathnot maka anda harus berusaha untuk membunyikannya.
  • Dengan posisi jari telunjuk masih di tempat semula (senar 6 fret ke-1),tekan senar enam dengan jari tengah lalu petik ke atas.
  • Tekan senar 6 dengan jari manis pada fret ke-3(jari lain tetap pada posisi),lalu petik kebawah.
  • tekan senar 6 pada kelingking fret ke-4 (jari yang lain tetap pada posisi)lalu petik ke atas.
 *jangan sampai terjadi deathnot/suara tidak bulat.seuara yang di hasilkan harus sempurna.

      Mudah bukan??.
      oke sekarang kita lanjutkan ke tahap berikutnya:
  • Pindahkan jari telunjuk anda ke senar 5 pada fret pertama,dengan jari yang lainnya tetap pada posisi semula.(jari tengah pada senar 6 fret ke-2,jari manis pada senar 6 fret ke-3,dan jari kelingking pada senar 6 fret ke 4).lalu petik kebawah,usahakan sampai nada yang anda petik berbunyi dengan sempurna.dan posisi jari harus mantap pada posisinya masing-masing.
  • Lalu pindahkan jari tengah anda pada senar 5 fret ke 2.dengan posisi jari yang lain tetap pada tempatnya,lalu petik ke atas.
  • Setelah itu pindahkan jari manis anda pada senar 5 fret ke 3 dan tentu saja posisi jari yang lain harus pada tempatnya semula.lalu petik ke bawah.
  • Lalu pindahkan jari kelingking anda pada senar 5 fret ke 4(posisi jari yang lain tetap pada posisinya),lalu petik ke atas.
  • lakukan proses ini sampai anda mencapai senar 1,lalu anda balik lagi ke senar 2,3 dst sampai anda mencapai senar nomer 6,dengan metode yang sama,yaitu setiap anda memindahkan jari anda,jari yang lain harus tetap pada posisinya.
  • setelah mencapai senar 6.pindahkan area latihan anda ke fret ke,2345.dst sampai fret dalam gitar anda terlewati semua.
  • setelah anda mencapai ujung dari fret,anda harus kembali ke fret ke 1,dengan metode yang sama.
  Ternyata lumayan menguras energi dan konsentrasi bukan??..:D
lakukan latihan ini minimal,20 menit perhari (1-2 jam rekomendasi),dan dilakukan terus menerus setiap hari,walau pun anda telah mencapai level yang jauh lebih tinggi,senam jari ini jangan pernah sampai di tinggalkan.

next level

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Syusyah, hatiku buntet hahahah

Unknown mengatakan...

Duh typo, jariku buntet maksudku. 🤣😂

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews