Royalty Free Stock Images

Kamis, 17 Juli 2014

Chord dengan nada bertanda # dan b.(konsep perpindahan jari)

        Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang chord dengan nada dasar pada gitar,sekarang kita akan bahas chord dengan tanda kres(#) dan mol(b) pada prinsipnya.nada dalam chord itu di hitung dalam senar paling atas,jika itu adalah kunci f.maka nada awal kita ada di
senar nomer 6 fret pertama.begitu juga dengan G dan seterusnya.sedangkan untuk posisi jari pada prinsipnya adalah sama.
Jika kunci F posisi jarinya seperti di bawah ini.



















      Maka untuk menaikkan nya setengah.kita hanya perlu menggeser seluruh posisi jari kita ke fret selanjutnya.baik mau menaikan nada atau pun menurunkannya.
       Untuk memudahkan anda dalam memahaminya saya akan membagi posisi jari dalam chord menjadi 3 bagian yaitu:

  • posisi jari pada chord yang di mulai pada senar 6.
  • posisi jari pada chord yang di mulai pada senar 5.
  • posisi jari pada chord yang di mulai pada senar 4.

        jika anda memahami ini anda akan hafal semua kemungkinan penjarian chord pada seluruh stang gitar.dengan kata lain anda akan memahami prinsip chord itu seperti apa.
Adapun pembahasannya adalah sebagai berikut.

Posisi jari pada chord yang di mulai dari senar 6.


chord seperti ini umum di pakai pada kunci f,F#,sampai ke nada c.
contoh:



















      Dari gambar di atas dapat kita lihat.ada angka 1.angka 1 ini adalah nada F.dan formasinya adalah seperti pada gambar.jika kita geser 1 fret naik.dengan seluruh formasi jari,maka akan menjadi nada F#.dan jika di naikkan lagi setengah maka akan menjadi nada G.
      Begitu juga dengan chord F turunannya.seperti Fm,FM7,F7,Fm7.jika kita geser seluruh formasi jarinya naik setengah nada,atau satu fret,maka akan menjadi nada F#m,F#M7,F#7,F#m7.angka 1 dalam gambar adalah posisi kunci,dari nada chord.jika angka 1 ada di fret ke-3.maka itu artinya chord tersebut adalah G.dan begitu seterusnya.

Posisi jari pada chord yang di mulai dari senar 5

       Posisi penjarian/formasi jari seperti ini umumnya di pakai untuk nada B.C.dan seterusnya.prinsipnya sama seperti penjelasan pada gambar di atas.dan yang membedakan hanya posisi/formasi jari.
contoh:


















        Angka 1 merupakan nada penentu untuk formasi jari tersebut.dalam gambar paling atas bisa kita lihat gambar 1 berada dalam fret ke-2 atau pada nada B.itu artinya chord tersebut Chord B..dan jika di 
naikan setengah akan menjadi nada C.dan jika di turunkan setengah akan menjadi nada Bb.begitu juga untuk nada-nada turunannya.anda hanya perlu menggesernya saja.

Posisi jari pada chord yang di mulai pada senar 4.

       Posisi jari atau formasi jari ini umumnya di gunakan untuk nada D dan turunannya.namun prinsipnya tetaplah sama.
contoh:



















       Pada gambar ini anda lihat angka 1 ada di luar dari stang gitar,atau pada posisi tuner.itu artinya senar tersebut ada dalam posisi senar lepas atau 0.dan prinsipnya sama saja seperti Chord yang lain,untuk menaikkan atau menurunkannya menjadi nada yang di inginkan,anda hanya perlu menggesernya saja.
       Formasi ini juga sebenarnya bisa seperti ini.





















      Ini mengacu pada nada C.angka 1 merupakan nada penentu dari chord tersebut.dan prinsip perpindahan sama seperti gambar sebelumnya..

      Jika anda membutuhkan gambar/artikel ini dalam bentuk pdf supaya dapat di di simpan dan di baca pada handphone anda.Anda dapat mendownloadnya disini



terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews